Sistem Informasi dan Manajement
Sistem Informasi dan Manajement adalah
suatu rencana dalam dari suatu pengendalian dalam suatu bisnis yang dapat
meliputi pemanfaatan manusia,document,data presentasi,teknologi,dan prosedur
oleh Akutansi Manajement untuk memecahkan masalah bisnis dan seperti biaya
produk,layanan,atau suatu strategi bisnis . Informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem data
informasi lain diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara
akademis, umumnya digunakan untuk pada kelompok metode manajemen informasi yang
bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung
keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Tujuan
Umum
Ada tiga
tujuan umum pada suatu SIM ( Sistem Informasi dan Manajement )
·
Menyediakan informasi yang dipergunakan
di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan
manajemen.
·
Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian,
pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
·
Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga
tujuan umum tersebut menunjukan bahwa manager dan pengguna lainya perlu
memiliki akses keinformasi akuntansi manajement dan mengetahui bagaimana cara
nya menggunakan nya .
Proses
Manajement
Ada tiga proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-
aktivitas:
·
Perencanaan, formulasi terinci untuk
mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut
perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode
untuk mencapai tujuan tersebut.
·
Pengendalian, perencanaan hanyalah
setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut
harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor
pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial
untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai
kebutuhan, disebut kebutuhan.
·
Pengambilan Keputusan, proses pemilihan
di antara berbagai alternative disebut
dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan
antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa
tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari
beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan
fungsi pengendalian.
Menurut Francisco Proses Manajemen adalah suatu proses
Penukaran terhadap nilai dan jasa
Bagian- bagian
dari kumpulan (Sistem Informasi dan Manajement )
·
Sistem informasi akuntansi (accounting
information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
·
Sistem informasi akademik (academic information systems),
menyediakan informasi tentang proses pendidikan yang sedang berjalan di suatu
akademi/sekolah/perguruan.
·
Sistem informasi pemasaran (marketing information systems),
menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan
pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang
berhubungan dengan pemasaran.
·
Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management
information systems).
·
Sistem informasi personalia (personal information systems).
·
Sistem informasi distribusi (distribution information systems).
·
Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).
·
Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).
·
Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information
systems).
·
Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and
development information systems).
·
Sistem informasi analisis software
·
Sistem informasi teknik (engineering information systems).
·
Sistem informasi Rumah Sakit (Hospital information systems).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar