Senin, 17 Maret 2014

tugas sofski


Arti Pentingnya Organisasi 
ARTI PENTINGNYA ORGANISASI DAN METODE
Pengertian organisasi dan metode adalah:
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

Pengertian Ilmu Organisasi
            Dalam masyarakat modern dan di dalam organisasi modern, struktur tata pembagian tugas dan struktur tata hubungan kerja demikian rumitnya, karena kegiatan yang harus dilakukanpun sangat kompleks. Ini merupakan salah satu cirri dari pada organisasi modern.
Ciri-ciri lain organisasi modern dapat dilihat dalam hal-hal berikut:
  1. Organisasi bertambah besar
Besarnya suatu organisasi dapat dilihat dari beberapa segi, antara lain:
-          Jumlah orang yang terlibat dalam kegiatan organisasi cukup besar,
-          Jumlah dana yang diperlukan cukup besar
-          Alat-alat dan sarana yang dipergunakan beraneka ragam, dengan sistem teknologi modern.

2. Semakin cepatnya pengolahan data sebagai akibat kemajuan teknologi modern, misalnya dengan sistem komputerisasi.



Menurut Atmosudirdjo (1980,78) unsure-unsur organisasi modern adalah:
  1. Bentuk atau konfigurasi
  2. Struktur dan kerangka
  3. Jabatan-jabatan dan
  4. Prinsip-prinsip serta aturan-aturan permainan

POKOK PEMBAHASAN ILMU ORGANISASI
            Ilmu organisasi merupakan bagian dari ilmu administrasi karena organisasi merupakan salah satu unsur administrasi. Unsur-unsur administrasi lainnya ilaha manajemen, kepegawaian, keuangan, komunikasi atau tata hubungan dan tata usaha.
Secara terinci, pokok pembahasan ilmu organisasi meliputi:
  1. Dasar-dasar pembentukan organisasi
  2. Tujuan manusia masuk dalam kelompok
  3. Beberapa pertimbangan sebelum seseorang masuk dalam kelompok.
  4. Macam-macam organisasi
  5. Bentuk-bentuk dan tipe-tipe organisasi
  6. Struktur, bagan dan buku pedoman organisasi
  7. Komunikasi dalam organisasi
  8. Peranan staf dalam organisai
  9. Prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
  10. Teori organisasi
  11. Perilaku organisasi
  12. Perubahan dan pengembangan organisasi 
DASAR PEMBENTUKAN ORGANISASI
 Manusia adalah makhluk social atau makhluk bermasyarakat (homo/socius/social animal/zoom polticon). Sebagai akibat sifat kodrati tersebut manusia tidak mungkin dapat hidip seorang diri, lepas dan hidup bermasyarakat, berkelompoki atau hidup bersama. Ada sementara pendapat yang mengatakan bahwa kecenderungan manusia untuk bermasyarakat atau berkelompok (gregariousness) merupakan suatu naluri yang diwariskan secara biologis. Pendapat ini tidak dapat dikatakan benar sepenuhnya. Naluri atau insting (instinct) adalah cara-cara bertindak , berbuat dan beraksi yang diwariskan.



I.  PENGERTIAN ORGANISASI
Definisi dan Pengertian Organisasi
1. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Pengertian organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pengertian Pengorganisasian.
Seperti telah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen, Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.
Pengertian Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
Definisi Organisasi & Macam-macam Organisasi
1. Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia)
2. Organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas, dan prosedur pergantian anggota.
3. Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
4.Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
5. Menurut Chester I. Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
6. Organisasi (Yunani: ργανον, organon – alat) adalah suatu kelompok orang yang memiliki tujuan yang sama. Baik dalam penggunaan sehari-hari maupun ilmiah, istilah ini digunakan dengan banyak cara.
7. Organisasi adalah bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing (gaji, kepuasan kerja, dll) yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama (tujuan organisasi). Agar tujuan organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak (pengurus organisasi dan anggota organisasi) untuk bersama-sama berusaha saling memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung jawab, sehingga pada saat masing-masing mendapatkan haknya dapat memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota organisasi/pegawai maupun bagi pengurus organisasi/pejabat yang berwenang.
8. Organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab (Schein). Karakterisitik organisasi menurut Schein meliputi : memiliki struktur, tujuan, saling berhubungan satu bagian dengan bagian yang lain untuk mengkoordinasikan aktivitas di dalamnya.
9. Organisasi adalah sistem hubungan yang terstruktur yang mengkoordinasikan usaha suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu (Kochler).
10. Organisasi adalah suatu bentuk sistem terbuka dari aktivitas yang dikoordinasi oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.
Bentuk-bentuk organisasi
  1. Organisasi sosial
  2. Organisasi mahasiswa
  3. Organisasi olahraga
  4. Organisasi sekolah
  5. Organisasi negara
  6. organisasi pemuda

September 27, 2013safaraelLeave

Tidak ada komentar:

Posting Komentar